body{overflow-x:hidden;} .s1{ position : absolute; font-size : 10pt; color : blue; visibility: hidden; } .s2{ position : absolute; font-size : 18pt; color : red; visibility: hidden; } .s3{ position : absolute; font-size : 14pt; color : gold; visibility: hidden; } .s4{ position : absolute; font-size : 12pt; color : lime; visibility: hidden; }

Cara mengakses Kaskus Mobile via PC

Berawal dari lemotnya inet yang ane pake. Saking lemotnya buka satu halaman kaskus aja bisa bermenit-menit. Akhirnya ane coba akses aja Kaskus Mobile biar hemat bandwidth dan lebih cepet:
http://m.kaskus.us/

Ane udah biasa sebenernya buka situs-situs mobile via PC kaya:
http://www.google.com/m/
http://m.facebook.com/
dll.

Malah ane pake Google Mobilizer buat mengakses beberapa situs, yaitu: sebuah tool dari Google buat memformat website tertentu dalam bentuk “mobile” sehingga lebih mudah di-browse via mobile dan dapat menghemat bandwith:
http://google.com/gwt/n

Nah masalahnya ternyata Kaskus ini cukup pinter untuk mendeteksi bahwa usernya browsing pake PC atau bukan. Dan tidak memperbolehkan kita membuka Kaskus Mobile via PC.

Alhasil ane punya ide untuk mengubah User Agent browser yang ane pake (yaitu Firefox) agar bisa mengakses Kaskus Mobile.

Bagaimana cara melihat user agent di Firefox?

Buka “About” Firefox dengan cara: ketik “about:” tanpa tanda kutip di textbox tempat kita biasa memasukkan URL lalu tekan Enter. Di bagian paling bawah kita bisa ngeliat teks yang kurang lebih seperti ini:

“Build identifier: Mozilla/5.0 (Windows; U; Windows NT 5.1; en-US; rv:1.9.2.13) Gecko/20101203 Firefox/3.6.13”

Itulah user agent Firefox yang ane pake, aka Build identifier.

Lalu user agent stringnya mau diganti pakai apa?

Di handphone Nokia 6120c ane ada 3 browser:
1. Browser bawaan
2. Opera mini for S60
3. UC Browser

Lalu ane buka situs ini pake 3 browser di atas:
http://www.whatsmyuseragent.org/

Situs itu buat ngeliat user agent browser yang kita pakai, hasilnya:
Browser bawaan: NOKIA6120c
Opera mini for S60: Opera/9.80 (Series 60; Opera Mini/5.1.22783/22.414; U; en) Presto/2.5.25 Version/10.54
UC Browser: NOKIA6120c/UC Browser7.4.0.65/28/350

Kita bisa mengubah user agent Firefox pakai salah satu user agent string di atas agar si Kaskus Mobile mengira kita mengakses situsnya via handphone.

Bagaimana cara mengubah user agent di Firefox?

1. Buka konfigurasi Firefox dengan cara: ketik “about:config” tanpa tanda kutip di textbox tempat kita biasa memasukkan URL lalu tekan Enter.
2. Buat preference baru dengan cara: klik kanan di preference yang udah ada (yang mana aja bebas) lalu New > String
3. Masukkan “general.useragent.override” tanpa tanda kutip pada message box yang muncul (bertuliskan: “Enter preference name”)
4. Masukkan salah satu user agent string di atas (ane pake “NOKIA6120c”) pada message box yang muncul lagi (bertuliskan “Enter string value”)

Cek lagi “about:” Firefoxnya. Sekarang tulisannya: “Build identifier: NOKIA6120c”.

Lalu ane coba buka lagi http://m.kaskus.us/

Dan tadaaaa….. berhasil ternyata.

Sekarang ane bisa surfing Kaskus Mobile via PC sehingga jadi lebih cepet.

Tapi, adakah cara yang lebih mudah?

Ya, tentu saja. Dengan cara menginstall addon “user agent switcher” pada Firefox. Bisa didapat di:
https://addons.mozilla.org/en-US/fir...gent-switcher/

Install lalu restart Firefox.

Bagaimana cara mengubah user agent Firefox menggunakan User Agent Switcher?

Pilih dan klik “Tools > Default User Agent” pada Menu. Lalu pilih “Edit user agents…” kalo pengen bikin user agent string sendiri. Tapi biar lebih mudah, ane pilih aja user agent yang udah ada dibikinan si Switcher-nya, yaitu: “iPhone 3.0”
Dan inilah user agent string si “iPhone 3.0”…
Build identifier: Mozilla/5.0 (iPhone; U; CPU iPhone OS 3_0 like Mac OS X; en-us) AppleWebKit/528.18 (KHTML, like Gecko) Version/4.0 Mobile/7A341 Safari/528.16

Dengan demikian si Kaskus bakal mengira kalo kita mengakses situsnya via iPhone, padahal boro-boro gan, ane mah ga punya soalne ga kebeli, hehehe….

Terakhir, bagaimana cara mengembalikan user agent Firefox ke nilai semula?

Manual: klik kanan preference “general.useragent.override” yang kita buat tadi, lalu pilih “Reset”
Switcher: pilih aja yang “Default User Agent”

0 Response to "Cara mengakses Kaskus Mobile via PC"

*
*
*
*